tani Permasalahan Sosial Kemasyarakatan ~ Kasomalang Wetan

Minggu, 12 Agustus 2018

Permasalahan Sosial Kemasyarakatan

       1.       Permasalahan Sosial
Karena Desa Kasomalang wetan adalah desa yang termasuk transisi dari desa ke kota. Permasalahan utama yang dihadapi Desa Kasomalang Wetan adalah tentang prilaku masyarakat yang cenderung individualis dan ada sebagian masyarakat yang kurang peduli terhadap kebersihan lingkungan sekitar.

       2.       Permasalahan Pendidikan
Untuk masalah pendidikan, kegiatan pendidikan sudah baik dilaksanakan dengan banyaknya sekolah yang didiirikan dan kemudahan akses untuk bersekolah.

       3.       Permasalahan Agama
Untuk masalah keagamaan, kegiatan keagamaan sudah baik dilaksanakan dengan adanya pengajian rutin ibu-ibu di setiap RT/RW.

       4.       Permasalahan Kesehatan
Di Desa Kasomalang Wetan, masalah kesehatan yang ada adalah kesehatan lingkungan. Salah satu yang paling utama adalah mengenai buang sampah sembarangan. Kurangnya kesadaran masyarakat dalam membuang sampah terlihat dari sedikitnya jumlah tempat sampah yang ada di Desa Kasomalang Wetan, sehingga sampah terlihat berserakan di mana-mana.

       5.       Permasalahan Ekonomi
Sebenarnya, hasil pertanian Desa Kasomalang Wetan adalah produk yang berkualitas tinggi, namun pengelolaan sektor pertanian masih secara tradisional. padahal jika manajemen pertanian dikelola lebih baik lagi, hasil pertanian bisa menjadi lebih baik lagi, baik secara kualitas maupun kuantitas.
Produk pertanian Desa Kasomalang Wetan untuk lahan basah (sawah) masih monoton pada unggulan padi sedikit palawija, hal ini di akibatkan adanya struktur tanah yang mungkin belum tepat untuk produk unggulan pertanian diluar sentra padi dan persoalan mendasar lainnya. Kurangnya kemitraan desa akan hasil produksi sumberdaya alamnya mengakibatkan tidak berkembangnya hasil pendapatan masyarakat

       6.       Masalah Budaya
Masalah budaya yang terdapat di Desa Kasomalang Wetan adalah sudah mulai punahnya budaya khas daerah ini. Hal itu disebabkan karena minat pemuda dalam melestarikan budaya setempat sudah tergerus arus globalisasi dan modernisasi.

1 komentar:

  1. Poin nomor 4 merupakan permasalahan yang sangat berat yang sedang kami hadapi...
    Terutama masalah sampah... Kita belum bisa memilah dan memanfaatkan sampah dengan bijak...
    Kami perlu dukungan yang lebih, terutama dari pihak DLH yang Alhamdulillah sampai saat ini terjalin Kerjasama dengan baik...
    K

    BalasHapus