Pendidikan
adalah sebagai usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan
proses pembelajaran untuk peserta didik secara aktif mengembangkan potensi
dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian,
kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan
masyarakat.
Pendidikan
dapat diperoleh baik secara formal dan non formal. Pendidikan secara formal
diperoleh dengan mengikuti program-program yang telah direncanakan, terstruktur
oleh suatu insititusi, departemen atau kementtrian suatu negara. Sedangkan
pendidikan non formal adalah pengetahuan yang diperoleh dari kehidupan
sehari-hari dari berbagai pengalaman baik yang dialami atau dipelajari dari
orang lain.
Tujuan Pendidikan
Berdasarkan UU
No. 2 Tahun 1985 yang berbunyi bahwa tujuan pendidikan yaitu mencerdaskan
kehidupan bangsadan mengembangkan manusia yang seutuhnya yaitu yang beriman dan
bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur, memiliki
pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang
mantap dan mandiri serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan bangsa
Umumnya
pendidikan dibagi menjadi tahap pra sekolah, taman kanak-kanak, sekolah dasar,
sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas atau kejuruan dan perguruan
tinggi. Mayoritas penduduk di Indonesia merasa membutuhkan pendidikan minimal
hingga sekolah menengah. Keadaan tersebut dirasakan pula di Desa Kasomalang
Wetan, Kecamatan Kasomalang, Kabupatem Subang. Pendidikan merupakan salah satu
modal dasar pembangunan, sehingga pendidikan adalah sebuah investasi (modal) di
masa yang akan datang.
Tabel Pendidikan
Tingakatan
Pendidikan
|
Laki-laki (Orang)
|
Perempuan (Orang)
|
Usia 3-6 tahun yang belum
masuk TK
|
71
|
45
|
Usia 3-6 tahun yang sedang TK/play
group
|
145
|
113
|
Usia 7-18 yang tidak pernah
sekolah
|
16
|
11
|
Usia 7-18 yang sedang sekolah
|
367
|
428
|
Usia 18-56 tahun tidak pernah
sekolah
|
19
|
13
|
Usia 18-56 tahun tidak tamat
SD
|
156
|
217
|
Tamat SD/sederajat
|
668
|
828
|
Tamat SMP/sederajat
|
246
|
337
|
Tamat SMA/sederajat
|
347
|
423
|
Tamat D1/sederajat
|
116
|
112
|
Tamat D2/sederajat
|
58
|
76
|
Tamat D3/sederajat
|
53
|
32
|
Tamat S1/sederajat
|
101
|
103
|
Tamat S2/sederajat
|
16
|
9
|
Tamat SLB C/sederajat
|
1
|
1
|
Tabel Lembaga Pendidikan
a. Pendidikan
Formal
Nama
|
Terdaftar
|
Kepemilikan
|
Jumlah Tenaga Pengajar
|
||
Pemerintah
|
Swasta
|
Desa/Kelurahan
|
|||
Play
Group
|
5
|
5
|
25
|
||
TK
|
3
|
3
|
12
|
||
SD/sederajat
|
5
|
5
|
53
|
||
SMP/sederajat
|
2
|
2
|
25
|
||
SMK/sederajat
|
2
|
2
|
23
|
b. Pendidikan
Formak Keagamaan
Nama
|
Terdaftar
|
Kepemilikan
|
Jumlah Tenaga Pengajar
|
||
Pemerintah
|
Swasta
|
Desa/Kelurahan
|
|||
Tsanawiyah
|
2
|
1
|
1
|
45
|
|
Aliyah
|
1
|
1
|
21
|
||
Ponpes
|
6
|
36
|
c. Prasarana
Pendidikan
Perpustakaan Desa
|
1 buah
|
Gedung sekolah PAUD
|
6 buah
|
Gedung sekolah TK
|
1 buah
|
Gedung sekolah SD
|
5 buah
|
Gedung sekolah SMP
|
3 buah
|
Gedung sekolah SMA
|
2 buah
|
0 Comments:
Posting Komentar