tani Program Kerja 4 : Membersihkan Situ Cigayonggong ~ Kasomalang Wetan

Minggu, 12 Agustus 2018

Program Kerja 4 : Membersihkan Situ Cigayonggong

  Sebagai tindak lanjut dari program kegiatan KKNM yang menitikberat pada potensi wisata, kami mahasiswa yang penempatan KKNMnya di desa kasomalang wetan memiliki objek kajian yang berpotensi yaitu situ cigayonggong.



  Namun kendala atau permasalahan yang dihadapi lebih pada kebersihan, tidak dapat dielakan lagi kebersihan merupakan permasalahan yang “sepele” Namun tak berujung. Dalam pemimplementasian atau penerapannya, program kerja kebersihan situ cigayonggong menjadi prioritas utama dan sebgai kerja bentuk nyata kami mahasiswa dalam mengelola potensi wisata situ cigayonggong, kami mahasiswa memulai tindakan dengan memprogram dari mencari informasi atau data dari desa,melakukan pendekatan dengan tokoh masyarakat dan karang taruna setempat, mengatur jadwal kegiatan kebersihan.









Setelah semua program berjalan hasil yang didapat tidak terlalu jauh berbeda namun setidaknya mampu mengurangi masalah kebersihan seperti ecenggondok yang dulunya hampir menutup semua permukaan air situ kini hilang dan nampak jelas terlihat air situ,sampah yang berserakan kini mulai berkurang dengan diadaknnya tong sampah di sekitaran situ serta lahan yang dulunya hanya sebagai pekarangan kosong dan tempat menumpuk sampah kini sebagai taman.


Dengan demikian, meskipun tadak semua terbenah namun dampak yang dihasilkan dari program kerja kami mahasiswa mampu merubah dan memfungsikan kembali situ sebagai mana mestinya.  

0 Comments:

Posting Komentar