tani Pasar ~ Kasomalang Wetan

Sabtu, 11 Agustus 2018

Pasar


Desa Kasomalang mempunyai pasar yaitu yang bernama Pasar Kasomalang Wetan. Jenis Pasar Kasomalang Wetan yaitu pasar desa atau tradisional. Para pedagang yang berdagang di pasar tersebut adalah warga desa Sindang Sari, Cisalak, Kasomlang Kulon, dan yang paling dominan adalah dari desa Kasomalang Wetan itu sendiri.
Waktu berjualan di pasar biasanya dimulai pada pukul 04.00 subuh hingga 05.00 sore. Namun terdapat sebagian pedagang yang berjualan hingga larut malam seperti pedagang makanan.

Setiap hari Kamis dan Minggu terdapat Hari Pasar. Hari Pasar adalah hari dimana para pedagang yang berjualan di Pasar Kasomalang Wetan bukan hanya pedangang dari desa sekitar tetapi juga warga dari luar desa sekitar Kasomalang Wetan seperti pedagang musiman dari setiap desa.
Untuk warga yang ingin berjualan di pasar biasanya diharuskan meminta izin ke LPM (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat). Selain itu pedagang juga dikenai penarikan retribusi sebesar Rp 2.000,-/meter per satu hari untuk uang kebersihan dan untuk keamanan sebesar Rp 10.000,-/bulan.


0 Comments:

Posting Komentar